Kampung Adat Cikondang Kaduruk Taun


Kampung Adat Cikondang Kaduruk Taun. Sahabat traveler’s, pada permulaan berdirinya, model bangunan di cikondang ini merupakan pemukiman dengan konsep arsitektur tradisional. Secara periodik, masyarakat kampung cikondang masih taat memegang adat istiadat leluhur, sehingga kearifan yang diwariskan secara turun temurun, menjadikan wilayah.

Mengenal Kampung Adat Cikondang PROFIL DESA KABUPATEN BANDUNG
Mengenal Kampung Adat Cikondang PROFIL DESA KABUPATEN BANDUNG from desa-kabupatenbandung.blogspot.com

Hasil penelitian dilihat dari keadaan penduduk 1. Kampung adat cikondang yang berada di desa lamajang, kecamatan pangalengan, kabupaten bandung, jawa barat, dikenal dengan keteguhannya dalam. Secara periodik, masyarakat kampung cikondang masih taat memegang adat istiadat leluhur, sehingga kearifan yang diwariskan secara turun temurun, menjadikan wilayah.

Rumah Adat Cikondang Berada Di Kampung Cikondang, Kelurahan Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Dengan Ketinggian 1022.


Kala itu, ada sekitar 40 rumah adat sunda. 15 muharam merupakan hari peringatan adat wuku taun (menutup tahun) dan mapag taun (membuka tahun) di kampung adat cikondang. Kampung adat cikondang merupakan pemukiman etnis sunda.

Rumah Adat Cikondang Disebut Juga Bumi Adat Merupakan Bangunan Tradisional Masyarakat Bandung, Jawa Barat.


Sahabat traveler’s, pada permulaan berdirinya, model bangunan di cikondang ini merupakan pemukiman dengan konsep arsitektur tradisional. Kampung cikondang merupakan sebuah perkampungan adat yang terletak di desa lamajang, kecamatan pangalengan, kabupaten bandung, jawa barat. Rumah adat cikondang terletak di kampung cikondang, kelurahan lamajang, kecamatan pangalengan, kabupaten bandung.

Secara Periodik, Masyarakat Kampung Cikondang Masih Taat Memegang Adat Istiadat Leluhur, Sehingga Kearifan Yang Diwariskan Secara Turun Temurun, Menjadikan Wilayah.


Imah panggung anu dijieunna tina kai jeung awi, make bilik, sarta hateupna ku injuk. Kampung adat cikondang berada di desa lamajang, kecamatan pangalengan, kabupaten bandung, jawa barat. Kampung adat cikondang merupakan salah satu dari kampung tradisional yang masih menerapkan prinsip hidup berdasarkan tradisi dan budaya leluhurnya.

Wuku Taun Biasanya Diikuti Oleh Seluruh Warga Adat Kampung Cikondang.bahkan, Keluarga Yang Sudah Tinggal Di Luar Kampung Adat Juga Diundang.


Pada awalnya bangunan di cikondang ini merupakan pemukiman dengan pola arsitektur tradisional seperti yang digunakan pada bangunan bumi adat. Sepeti di kampung adat cikondang, bandung pendidikan agama diintegrasikan dalam upacara ritual tradisi wuku taun. Seren taun 2020 yang sedang berlangsung di kampung adat kasepuhan ciptamulya minggu kemarin membuat semua terpukau, suasana di kampung adat ini sangat berbed.

Upacara Adat Wuku Taun Menurut Kuncen Anom Djuhana (2010), Wuku Taun Adalah Sebuah Hajatan Masyarakat Adat Kampung Cikondang Yang Dilaksanakan Setiap Tanggal 15.


Kampung adat tersebut telah ada. Kampung adat cikondang merupakan pemukiman etnis sunda yang terletak di desa lamajang, kecamatan pangalengan, kabupaten bandung, jawa barat. Namun, pada tahun 1942 terjadi.


Posting Komentar untuk "Kampung Adat Cikondang Kaduruk Taun"