Pakaian Adat Bima Rimpu


Pakaian Adat Bima Rimpu. Rimpu merupakan sebuah budaya dalam dimensi busana pada masyarakat bima. Model baju adat rimpu ini merupakan bentuk akulturasi budaya melayu dan bima.

Tembe Dan Rimpu Mbojo TRADISIONAL BIMA NTB
Tembe Dan Rimpu Mbojo TRADISIONAL BIMA NTB from sulaimantbn.blogspot.com

Jadi rimpu ini adalah cara berpakaian atau cara berbusana bagi para perempuan di bima. Rimpu adalah pakaian adat perempuan bima yang digunakan untuk menutup aurat bagian atas dengan sarung sehingga hanya kelihatan mata atau wajahnya saja. Saat hari jadi kota bima misalnya, rimpu menjadi pakaian wajib.

Pakaian Adat Rimpu Suku Bima Ntb.


Kedua, rimpu colo merupakan jenis pakaian dengan menggunakan. Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah yang mengenalkan rimpu sebagai pakaian adat bima. Sejumlah wanita menggunakan pakaian adat rimpu cala saat peringatan dua abad letusan gunung tambora di padang sabana doro ncanga, dompu, nusa tenggara barat, sabtu.

Wanita Dana Mbojo Memakai Rimpu Setelah Datangnya Pedagang Islam Ke Bima Dengan Mengidentikkan Pakaian Arab.


Pakaian ini menggunakan atau terdiri dari dua lembar sarung tenun. Lebih jelasnya rimpu adalah rangkaian pakaian atau cara berbusana menggunakan. Maka dari itulah perpaduan budaya tersebut menghasilkan pakaian adat yang.

Sementara, Para Perempuan Bima Memakai Pakaian Rimpu Dalam Perayaan Ini, Tradisi Ini Sudah Dilaksanakan Sejak Masa Kesultanan Bima.


Pakaian adat pria bima ntb. Rimpu memiliki dua bagian, yakni untuk. Suku ini meliputi sub suku:

Pakaian Adat Suku Bima Pula Akrab Diucap Dengan Nama Rimpu.


Pertama, rimpu cala adalah jenis pakaian yang dipakai khusus oleh kaum ibu di daerah bima yang sudah berkeluarga. Rimpu adalah pakaian adat perempuan bima yang digunakan untuk menutup aurat bagian atas dengan sarung sehingga hanya kelihatan mata atau wajahnya saja. Kota bima pecahkan rekor muri pakaian adat rimpu terbanyak.

Masuknya Tradisi Rimpu Ke Bima Ntb Bersamaan Dengan Masuknya Islam Di Wilayah Tersebut.


Pakaian rimpu adalah pakaian adat khas dari suku bima yang mendiami wilayah ntb tepatnya di kabupaten bima dan kabupaten dompu. Rimpu merupakan sebuah budaya dalam dimensi busana pada masyarakat bima. Dihimpun detiktravel, selasa (15/10/2019), kabupaten dompu memecahkan rekor muri pawai.


Posting Komentar untuk "Pakaian Adat Bima Rimpu"