Pernikahan Adat Lampung


Pernikahan Adat Lampung. G) sesimburan (dimandikan) acara ini dilakukan di kali atau sumur dengan. Prosesi pernikahan adat lampung memiliki dua adat istiadat yaitu sai batin dan pepadun.

Gema Budaya Tata Cara Pernikahan Adat Lampung
Gema Budaya Tata Cara Pernikahan Adat Lampung from gema-budaya.blogspot.com

Prosesi ini dijadikan sebagai ajang penilaian bagi orang tua calon mempelai. Inilah bukti indonesia kaya ragam dan warna. 10 tahapan prosesi pernikahan adat lampung.

Pernikahan Adat Lampung Ternyata Banyak Tradisi Unik, Lho.


Inilah bukti indonesia kaya ragam dan warna. Upacara gawi merupakan sebuah ritual sebagai bentuk rasa syukur atas. “sai batin” berarti satu penguasa (raja).

“Sai Batin” Berarti Satu Penguasa (Raja) Sedangkan “Pepadun” Berarti Tempat Duduk Penobatan.


Tahapan awal dalam prosesi pernikahan adat lampung adalah nindai/nyubuk. Masyarakat yang tinggal di lampung kebanyakan. Bagi masyarakat lampung, pernikahan bukan hanya urusan pribadi, tetapi juga keluarga, kerabat, dan masyarakat adat.

Prosesi Pernikahan Adat Lampung Selanjutnya Adalah Siger Mempelai Wanita Akan Diganti Dengan Kanduk Tiling Atau Manduaro (Selendang Dililit Di Kepala).


Wawancan, tradisi tutur perkawinan adat lampung. Upacara pernikahan adat lampung pepadun. Pertama tama dalam proses pernikahan adat lampung diadakannya acara nindai atau nyubuk yang merupakan ajang penilaian bagi orang tua calon mempelai pria.

Dalam Masyarakat Adat Lampung Melinting Terdapat Tiga Sistem Pernikahan Yaitu Mesukum (Bumbang Aji) Ngakuk Majau (Sebumbangan) Dan Ngibal Serbou (Mupakat.


Menurut adat tradisi lampung, akad nikah biasa dilaksanakan di kediaman pengantin pria. Berikut lima tradisi daerah lampung yang paling populer. Prosesi ini dijadikan sebagai ajang penilaian bagi orang tua calon mempelai.

Foto Pernikahan Adat Lampung Merupakan Bukti Bahwa Ada Tersebut Tetap Ada Dan Bisa Ditemukan Di Kegiatan Masyarakat.


Tidak hanya berhenti disitu saja. Tidak hanya digunakan sebagai pakaian adat saat pernikahan, tulang bawang juga dipakai dalam acara pentas atau pertunjukkan seni tari. Dalam pernikahan ini, terdapat tiga jenis sistem perkawinan, yaitu mesukum ( bumbang aji ), ngakuk.


Posting Komentar untuk "Pernikahan Adat Lampung"