Rumah Adat Gorontalo


Rumah Adat Gorontalo. Rumah adat gorontalo yang juga cukup khas dengan kebudayaan gorontalo adalah bantayo poboide. Rumah dulohupa juga disebut yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo oleh.

Kebudayaan dan Kesenian Daerah kebudayaan gorontalo
Kebudayaan dan Kesenian Daerah kebudayaan gorontalo from likaardila.blogspot.com

Rumah adat gorontalo bantayo poboide. Artinya, adat bersendikan syara, syara bersendikan kitabullah. Rumah adat gorontalo adalah berupa rumah panggung.

Salah Satu Rumah Adat Yang Menarik Untuk Didalami Adalah Rumah Adat Gorontalo, Sulawesi Utara.


Dulohupa adalah rumah adat atau rumah tradisional indonesia yang berasal dari kelurahan limba, kecamatan kota selatan, kota gorontalo, provinsi gorontalo. Sahabat 99, rumah adat gorontalo terdiri dari empat jenis. Rumah adat gorontalo ini memiliki persegi panjang yang menyudut, karena mereka percaya bahwa keempat sudut melambangkan empat gambar elemen alam, yakni air,.

Tentu Saja Keempat Rumah Adat Tersebut.


Dilansir dari buku arsitektur benteng dan rumah adat di sulawesi (2018) karya. Rumah adat gorontalo merupakan bangunan dengan kultur budaya yang memiliki peranan kuat dan makna religius yang terkandung di dalamnya. Bila keduanya digabungkan maka artinya adalah.

Bantayo Artinya Gedung Atau Bangunan Dan Poboide Artinya Tempat Bermusyawarah.


Rumah adat dulohupa ini letaknya di kelurahan limba, kecamatan kota selatan, kota gorontalo. Rumah dulohupa juga disebut yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo oleh. Rumah adat ini luasnya dapat mencapai ratusan meter persegi.

Rumah Adat Dulohupa Ini Letaknya Di Kelurahan Limba, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.


Adat istiadatnya pun sangat dipengaruhi oleh ajaran islam. Rumah dulohupa juga disebut yiladia. Rumah dulohupa juga disebut yiladia dulohupa lo ulipu.

Rumah Adat Gorontalo Bantayo Poboide.


Setiap provinsi memiliki budaya yang berbeda, termasuk dalam hal arsitektur rumah. Rumah adat gorontalo / gorontalo merupakan salah satu provinsi termuda di indonesia. Bangunan rumah adat banthayo poboide merupakan represntasi dari rumah kediaman raja.


Posting Komentar untuk "Rumah Adat Gorontalo"