Rumah Adat Karo Siwaluh Jabu


Rumah Adat Karo Siwaluh Jabu. Jadi saat ini rumah adat karo yang masih ada adalah siwaluh jabu dan rumah kete (lihat gambar). Karo yang terdapat di kabupatenkaro, sumatra utara, juga terdapat rumah adat, dimana rumah adat karo bernama rumah siwaluh jabu.

Karo Tribe Traditional House in North Sumatra Stock Image Image of
Karo Tribe Traditional House in North Sumatra Stock Image Image of from www.dreamstime.com

Namun, kini hanya tersisa sekitar 5 rumah adat karo yang tetap bertahan dimakan usia. Rumah ini memiliki arsitektur yang khas dan motif ornament yang beragam. Rumah adat karo sendiri termasuk dalam kategori warisan budaya dikarenakan.

Secara Harfiah, Siwaluh Jabu Berarti Rumah Delapan.


Namun, kini hanya tersisa sekitar 5 rumah adat karo yang tetap bertahan dimakan usia. Jadi, untuk saat ini rumah adat karo yang masih ada adalah siwaluh jabu dan rumah kete. Maksudnya, rumah tersebut dihuni oleh delapan kepala keluarga sesuai tradisi adat karo yang masih dipegang.

Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah.


Rumah adat ini sangat erat dalam kehidupan masyarakat karo sejak. Warisan karo tersebut berasal dari masa prakolonial berupa perkampungan adat yang cukup unik, salah satunya adalah desa budaya lingga. Di desa dokan pada awalnya terdapat sekitar 15 siwaluh jabu.

Sebenarnya Provinsi Sumatera Utara Memiliki Beberapa Rumah Adat.


By tantabangun on mei 23, 2010. Rumah adat karo termasuk dalam kategori warisan budaya karena. Berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu, siwaluh jabu ini didesain agar taha.

Ratusan Tahun Yang Lalu, Diseputar Tanehkaro,.


Rumah siwaluh jabu, adalah rumah adat tradisional batak karo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis simbol kekuasaan dan ukiran rumah adat si walu jabu sebab, simbol dan ukiran menjadi komponen. Padahal pada tahun 2011, di.

Siwaluh Jabu Di Tempat Ini Dibawa Langsung Dari Karo Dan Telah Berusia Lebih Dari 120 Tahun.


Rumah ini memiliki arsitektur yang khas dan motif ornament yang beragam. Share to facebook share to twitter. Rumah adat karo didirikan berdasarkan arah kenjahe (hilir) dan kenjulu (hulu), sesuai aliran air pada suatu kampung.


Posting Komentar untuk "Rumah Adat Karo Siwaluh Jabu"