Rumah Adat Mandailing Bagas Godang


Rumah Adat Mandailing Bagas Godang. Nama rumah adat mandailing sendiri adalah bagas godang. Etnis mandailing merupakan salah satu etnis yang mendiami sumatera utara, tepatnya di tapanuli bagian selatan.

Inilah Bagas Godang Singengu di Mandailing Natal, Tetap Gagah Meski
Inilah Bagas Godang Singengu di Mandailing Natal, Tetap Gagah Meski from sumut.indozone.id

Mulanya, rumah adat mandailing disebut sebagai bagas godang atau kediaman para raja. Bagas godang merupakan unsur budaya mandailing yang dapat di jadikan media pembelajaran matematika sekolah, sehingga pembelajaran matematika dapat dimulai dari memperkenalkan. Etnis ini mempunyai rumah adat yang disebut ba.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Berencana Merevitalisasi Rumah Adat Bagas Godang Di Desa Huta Godang, Kecamatan Ulu.


Rumah adat mandailing dihuni oleh suku mandailing yang tinggal berbatasan dengan wilayah provinsi riau. Bagas godang merupakan unsur budaya mandailing yang dapat di jadikan media pembelajaran matematika sekolah, sehingga pembelajaran matematika dapat dimulai dari memperkenalkan. Salah satu sisa peninggalan seni arsitektur suku mandailing di sumatera utara tempo dulu adalah seni.

Bagas Godang Berfungsi Sebagai Tempat Tinggal Raja Panusunan Maupun Raja Pamusuk Sebagai Pemimpin Huta.


Rumah adat mandailing merupakan arsitektur yang khas. Dalam bahasa lokal, rumah adat mandailing disebut sebagai. Rumah adat batak mandailing disebut sebagai bagas godang sebagai kediaman para raja, terletak disebuah kompleks yang sangat luas.

Unknown 00.52 Foto , Rumah.


Kawasan mandailing terkenal juga dengan wisata. Mulanya, rumah adat mandailing disebut sebagai bagas godang atau kediaman para raja. Berbentuk empat persegi panjang yang disangga ka.

Rumah Adat Mandailing Merupakan Arsitektur Dengan Bentuk Yang Khas Dengan Jenis Rumah Panggung.


Rumah adat angkola terlahir dari suku angkola. Rumah adat mandailing yaitu bagas godang, yakni tempat singgah kepala suku. Bentuknya rumah panggung yang memanjang dari barat ke timur dengan pintu masuk utama.

Bagas Godang (Rumah Raja) Senantiasa Dibangun Berpasangan Dengan Sebuah Balai Sidang Adat Yang Terletak Di Hadapan Atau Di Samping Rumah Raja.


1, juni 2 0 18 disamping itu bagas godang dan sopo godang juga merupakan simbol daerah. Rumah adat angkola ini sama seperti rumah adat mandailing bernama bagas godang. Bagas godang juga dikenal sebgai rumah adat tradisional suku mandailing.


Posting Komentar untuk "Rumah Adat Mandailing Bagas Godang"