Upacara Tradisional Banten Seren Taun


Upacara Tradisional Banten Seren Taun. Upacara seren taun adalah ungkapan syukur dan doôçöa masyarakat sunda atas suka duka yang mereka alami terutama di bidang pertanian selama setahun yang. Tiap desa adat memiliki ciri khas tersendiri dalam melaksanakan upacara seren taun.

Upacara Seren Taun Cisungsang Kamera Budaya
Upacara Seren Taun Cisungsang Kamera Budaya from www.kamerabudaya.com

Tiap desa adat memiliki ciri khas tersendiri dalam melaksanakan upacara seren taun. Upacara itu sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen. Seren taun dilaksanakan setiap tanggal 22 bulan rayagung sebagai bulan terakhir dalam perhitungan kalender sunda.

Tradisi Seren Taun Di Banten (Foto:


Dalam artikel ini saya akan menulis tentang kebudayaan yang ada di banten, dan salah satu dari begitu banyaknya kebudayaan yang ada di banten,. Termasuk pada provinsi jawa barat. Inilah upacara terbesar dalam tradisi adat kasepuhan banten kidul sebagai bentuk rasa syukur masyarakat banten kidul atas hasil panen yang melimpah.

Seren Taun Merupakan Upacara Puncak Dari 18.


Begitu pula pada masyarakat suku sunda. Upacara itu sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen. Masyarakat adat kasepuhan cisitu di kecamatan cibeber, lebak selatan, banten menggelar upacara adat seren taun.

Alat Musik Tradisional Yang Berasal Dari Daerah Cilegon Ini Tidak Kalah Khas Dan Unik Dengan Alat Alat Musik Banten Lainnya.


Seren taun menjadi puncak dari. Upacara adat seren taun merupakan salah satu tradisi dalam masyarakat sunda banten yang kental dengan nuansa magis. Upacara seren taun adalah ungkapan syukur dan doôçöa masyarakat sunda atas suka duka yang mereka alami terutama di bidang pertanian selama setahun yang.

Sabtu, 27 Agu 2022 08:30 Wib.


Tiap desa adat memiliki ciri khas tersendiri dalam melaksanakan upacara seren taun. Gambar alat musik tradisional banten dogdog lojor. Nah, di bawah ini merupakan ulasan tentang 9 alat.

Seren Taun Adalah Upacara Terakhir Dari Rentetan Ritual Tersebut Sebagai Wujud Dari Rasa Syukur Terhadap Apa Yang Diberikan Alam Kepada Masyarakat.


Masyarakat adat kasepuhan banten kidul di lebak selatan, banten menggelar upacara seren taun. Karena daerah ini merupakan daerah. Beberapa upacara tersebut adalah upacara nibakeun sri ka bumi, ngamitkeun sri ti bumi, ngunjal, rasul pare di leuit, dan seren taun.


Posting Komentar untuk "Upacara Tradisional Banten Seren Taun"