Apa Fungsi Rumah Adat Tongkonan Bagi Masyarakat Toraja


Apa Fungsi Rumah Adat Tongkonan Bagi Masyarakat Toraja. Rumah adat tongkonan memiliki makna bagi masyarakat toraja yang melambangkan beberapa hal. Rumah adat itu menjadi penanda identitas bagi masyarakat adat toraja.

Jarang diketahui, ternyata inilah arti dan filosofi dari Rumah Adat
Jarang diketahui, ternyata inilah arti dan filosofi dari Rumah Adat from anassalehe.blogspot.com

Dalam masyarakat adat suku toraja, rumah tongkonan terdiri dari dua tipe. Tongkonan merupakan rumah panggung yang berbentuk persegi panjang. Rumah adat itu menjadi penanda identitas bagi masyarakat adat toraja.

Apa Fungsi Rumah Tongkonan Bagi Masyarakat Toraja?


Keunikan rumah adat tongkonan menurut etnis toraja. Tongkonan kaya dengan unsur kepercayaan, tradisi kuno, peradaban serta kebanggaan masyarakat toraja. Suku toraja yang memiliki rumah adat ini.

Mengutip Buku Rumah Adat Di Indonesia Oleh D.c.


Tongkonan adalah rumah tempat tinggal sekaligus tempat menjalankan fungsi dan peranan penguasa adat, sehingga kerap disebut rumah adat. Tongkonan merupakan rumah panggung yang berbentuk persegi panjang. Maka tak heran, rumah ini tak bisa dibangun sembarangan.

Mungkin Kamu Sudah Sering Melihat Foto Rumah Adat Tongkonan.


Tapi apakah kamu tahu sejarah dan fungsi dari rumah adat tongkonan ? Suku toraja dalam kehidupannnya sangat terikat oleh sistem. Istilah “tongkonan” berasal dari kata.

Indonesia Sekolah Dasar Terjawab 1.


Bagi masyarakat toraja, rumah adat tongkonan bukanlah rumah adat biasa karena mereka meyakini rumah adat ini mampu. Bagi masyarakat toraja rumah adat tongkonan dianggap sebagai ibu. Atap rumah adat tongkonan greatnesia.id.

Rumah Ini Juga Merupakan Ikon Dari Toraja.


Sedangkan alang sura atau lubung padi dianggap sebagai bapak. Bab iii tongkonan rumah adat di toraja, selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga mempunyai fungsi dan. Tyas (2020), tongkonan memiliki makna kata berupa tempat tinggal tetua adat yang digunakan untuk tempat.


Posting Komentar untuk "Apa Fungsi Rumah Adat Tongkonan Bagi Masyarakat Toraja"