Pengantin Adat Sunda Lengser


Pengantin Adat Sunda Lengser. Ki lengser inilah yang berperan. Rangkaian acara pernikahan adat sunda.

LENGSER Adat Sunda Penyambutan pengantin 2018 YouTube
LENGSER Adat Sunda Penyambutan pengantin 2018 YouTube from www.youtube.com

Pernikahan adat sunda,pengantin adat sunda,suasana pernikahan,lengser sunda,pernikahan unik,lengser ambu,pernikahan viral,upacara pengantin sunda,penuh perju. Maka mapag panganten adalah acara menyambut kedatangan pengantin dan keluarganya. Lengser merupakan salah satu tradisi upacara yang ada di jawa barat.

Upacara Adat Sunda Lokasi :


Tradisi tersebut sering dipakai di pesta pernikahan. Meski telah beralih fungsi, masyarakat. Pernikahan adat sunda,pengantin adat sunda,suasana pernikahan,lengser sunda,pernikahan unik,lengser ambu,pernikahan viral,upacara pengantin sunda,penuh perju.

Kesenian Semacam Ini Biasanya Tak Hanya Ada Dalam Pesta.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa mapag pengantin adalah. Resepsi pernikahan di adat sunda ini terdiri dari berbagai rangkaian upacara pernikahan salah satunya adalah seni budaya aki lengser. Ki lengser adalah sebutan seorang penari dalam tradisi mapag panganten yang berdandan menyerupai orang tua mengenakan busana khas sunda.

Mapag Panganten (Penjemputan Pengantin) Adalah Upacara Adat Sunda Yang Biasa Dilakukan Untuk Menjemput Pengantin Masuk Kedalam Gedung Pernikahan Dan Duduk.


Orang pembawa payung emas 4. Setelah semuanya siap, ki lengser (penetua adat) yang bertindak sebagai pemimpin. Berbentuk menyerupai segitiga yang menggunung ke bagian atas.

Ketika Pertunjukan Banyol Antara Lengser Dan Ambu, Dalam Beberapa Kesempatan Diperagakan Adegan Yang Tak Sepantasnya Dilakukan, Berkaitan Dengan.


Maka mapag panganten adalah acara menyambut kedatangan pengantin dan keluarganya. Saat akan melaksanakan suatu upacara pernikahan adat sunda, adapun rangkaian acara yang harus diperhatikan seperti langkah. Acara prosesi pernikahan adat sunda ini biasanya berlangsung selama satu minggu hingga sebelum akad nikah.

Ki Lengser Pada Zaman Sekarang Biasa Dikenal Sebagai Tokoh Utama Dalam Acara Mapag Panganten Atau Dikenal Sambut Pengantin.


Upacara adat sunda (lengser) salah satu atraksi seni upacara adat “mapag panganten” (sambut pengantin). Prosesi mapag pengantin memiliki tujuan untuk menjadikan pengantin sebagai raja serta ratu sehari sehingga harus disambut dan diperlakukan lebih baik. Ki lengser inilah yang berperan.


Posting Komentar untuk "Pengantin Adat Sunda Lengser"